Bangun Toilet Bersih untuk Nusa Tenggara Timur

Dana Terkumpul

Rp. 4.110.752

Donasi ditutup pada tanggal :
30 April 2020

Sebarkan kampanye ini disini :
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Email this to someone
email

Ultah ke-24 Dina untuk Toilet Bersih Anak-Anak di Tedakisa

Hi Sahabat Plan,
Perkenalkan namaku Dina Chaerani, biasa dipanggil Dina. Di tanggal 27 Januari kemarin, usiaku genap 24 tahun. Usia yang sedikit lagi akan memasuki kategori dewasa, karena 24 tahun adalah batas terakhir seseorang bisa dikategorikan sebagai seorang “youth” atau kaum muda. Sangat bahagia bisa mencapai hidup hingga sekarang dan tentunya di usia ini, aku ingin memberikan dampak yang lebih nyata dan berbagi kepada anak dan kaum muda yang membutuhkan. Aku ingin membangun 3 toilet di desa Tedakisa, Kabupaten Nagekeo, Flores, NTT.

Kenapa harus NTT? Dan kenapa harus toilet? Sedikit cerita, 18 Oktober 2019 lalu, aku memberanikan diri ikut Ultra Marathon #JelajahTimur sejauh 57 KM dari Ende ke Nagekeo. Tujuan dari lari marathon itu adalah untuk membangun akses air bersih di 3 desa di Kabupaten Nagekeo, salah satunya desa Tedakisa. Di sana, mayoritas kebutuhan air rumah tangga dipenuhi oleh anak perempuan, dimana mereka harus berjalan 30 menit – 2 jam hanya untuk mendapatkan air bersih.

Flores adalah daerah yang sangat panas dan sangat minim akses air bersih, karena itulah kami berlari untuk menghapus beban ganda anak-anak perempuan yang harus membagi waktu antara sekolah dan mengambil air dengan jarak jauh. Selama berlari, di KM 45 aku berhenti di sebuah SD untuk buang air kecil. Aku terkejut karena toilet yang sangat kotor, tidak ada air, dan bau pesing. Terbayang betapa sulitnya adik-adik di sekolah tersebut ketika ingin BAK atau BAB. Belum lagi, kalau ada anak perempuan yang sedang haid dan harus mengganti pembalut. Toilet tidak higienis ini bisa jadi sumber penyakit. Aku ingin anak-anak dan anak muda di sana bisa mendapatkan fasilitas yang layak yang bisa menunjang proses belajar mereka.

Oleh karena itu, dalam rangka ulang tahun ku yang ke-24, aku menggalang dana dan mengajak Sahabat Plan untuk mendukungku agar bisa membangun 3 toilet yang layak di Desa Tedakisa, Nagekeo. Aku akan berlari sejauh 240 KM dalam kurun waktu 24 hari. Aku akan mulai berlari per tanggal 10 Januari – 30 April 2020 yang akan aku post secara berkala lewat Instagram pribadiku: @dinachaerani dan akun @jelajahtimur_

Ayo Sahabat Plan bantu aku agar misiku tercapai dan kita bisa membangun toilet yang layak untuk anak-anak di Desa Tedakisa. Berapapun donasi kamu, sangat berarti untuk mereka!