Akses Air Bersih untuk Anak NTT

Dana Terkumpul

Rp. 129.786.543

Donasi ditutup pada tanggal :
30 Juli 2020

Sebarkan kampanye ini disini :
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Email this to someone
email

Rp. 50.000-mu untuk 1 meter pipa air bersih di NTT

Pernahkah anda membayangkan berjalan kaki sejauh 10 kilometer atau kurang lebih 2,5 jam untuk mendapat air minum?

Bagaimana jika aktivitas mengambil air tersebut dilakukan sedikitnya 2 kali sehari agar airnya tidak hanya cukup untuk minum, tapi juga untuk memasak dan mencuci. Sanggupkah?

Bagaimana jika perjalanan yang anda tempuh saat mengambil air harus melewati jalanan yang rusak, naik turun bukit, bahkan hutan dengan pencahayaan yang terbatas khususnya menjelang malam hari. Beranikah?

Itulah realitas sehari-hari yang dialami saudara-saudari kita di Nusa Tenggara Timur, termasuk anak-anak dan remaja. Sebelum berangkat sekolah, anak-anak harus bangun jam 5 pagi berjalan kaki berkilo-kilo menenteng jerigen air demi air bersih untuk minum dan memasak. Begitupun saat sore hari setelah pulang sekolah, bahkan seringkali dilakukan saat matahari hampir tenggelam.

Plan Indonesia sebagai organisasi yang memperjuangkan hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan turut berkomitmen memastikan anak tumbuh dalam lingkungan yang aman dan nyaman. Selama 50 tahun berada di Indonesia, Plan Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk memastikan anak-anak khususnya anak perempuan terpenuhi hak-haknya atas perlindungan, tumbuh kembang dan akses terhadap air bersih dan sanitasi yang layak melalui berbagai program, diantaranya Program Pembangunan Akses Air Bersih dan Sanitasi yang Layak (WASH), meliputi pembangunan fasilitas air bersih, toilet inklusif, dan penyadaran perilaku bersih seperti cuci tangan pakai sabun dan buang air besar di tempatnya. Sejak 2012, lebih dari 1 juta orang di 912 desa di Jawa Tengah, NTT dan NTB telah berhenti melakukan praktek BAB sembarangan. 912 desa tersebut juga telah terverifikasi bebas praktek BAB sembarangan, serta telah menjalankan praktek hidup bersih.

Dukungan Sahabat Plan akan menambah meter demi meter jalur pipa air bersih sampai ke lokasi terdekat di desa mereka..

Mari bergabung bersama kami sebagai Sahabat Plan dan bersama kita wujudkan kehidupan yang lebih baik bagi anak-anak NTT!